Mengetahui komposisi dari teknik di dalam Gotografi

Cara mengatur dan menata elemen di adegan frame.Elemen yang dimaksud adalah subjek dan objek yang terlibat di adegan.Adegan merupakan kegiatan apa yang akan kamu foto sedangkan komposisi merupakan sebuah aturan keras yang mengacu kepada "Pedoman" dimana kedua yang telah digunakan pada seni selama ratusan tahun dan saat ini masih digunakan yang telah banyak membantu para fotografer untuk mendapatkan gambar dengan perspektif yang bagus dan tentunya menarik.

Teknik-teknik komposisi yang akan meningkatkan kualitas gambar kamu.Ada sekitar 18 komposisi teknik komposisi, dan sekarang kita akan membahas teknik yang paling umum yaitu Aturan Pertiga atau Rule of Thirds.

1.Rule of Thirds (Aturan Pertiga)


Aturan ini sangat ederhana, kamu hanya perlu melakukan membagi frame menjadi 3 bagian vertikal dan 3 bagian menjadi horizontal dan menghasilkan 9 kotak.Banyak kamera dan handphone yang sudah menyediakan bantu garis "grid" yang merupakan aturan pertiga (Rule of Thirds).Garis itu akan membantu kamu dalam mengatus posisi agar mendapatkan posisi yang baik.Kamu juga bisa memeriksa kamera kamu untuk melihat garis pada mode Life View tidak melalui jendela bidik atau Viewfinder.

Dengan menggunakan garis Rule of Thirds ini, kamu bisa menempatkan elemen yang penting pada adegan berada di garis vertikal tersebut.Banyak juga orang yang menempatkan objek utaman pada di tengah frame, tapi jika kamu menempatkan subjek berada di luar pusat aturan yang ada di pertiga itu, maka kamu bisa menemukan komposisi yang menarik.Rule of Thirds sendiri juga bisa digunakan untuk menemukan perspektif yang unik tidak hanya untuk membuat susunan elemen di dalam gambar saja.

Mengurutjan foto menjadi "Old Town Square" , di gambar itu kamu bisa melihat gambar yang menun jukan komposisi yang sangat rapi dan sangat teliti maka gambar akan terlihat memiliki komposisi yang menarik.

2.Komposisi Tengah dan Simetris


Beberapa orang mungkin menempatkan subjeknya di tengah frame, dengan adegan simetris.Gambar di atas mendapatkan simetris yang baik.Gambar di atas mungkin karena arsitektur yang rapi dan mendapatkan semetris yang baik.Jadi menggunakan teknik simetris harus melihat objek yang kamu ambil terlebih dahulu.

3.Foreground Interest dan Kedalaman


Menemukan subjek yang menarik untuk dijadikan latar depan (Foreground Interst) merupakan cara yang sangat bagus sehingga kamu menemukan rasa kedalaman di adegan itu.Hal tersebut juga membuat gamabr menampilkan komposisi gambar yang 3D.

4.Frame within a Frame (Bingkai Dalam Frame)


Frame dalam pembahasan yang memiliki arti luar area adegan yang mampu ditangkap oleh kamera.Kamu bisa mencoba elemen lainnya seperti jendela, gerbang masuk atau cabang pohon.

5.Leading Lines(Garis pembimbing)


Leading Lines akan membantu para menikmat untuk memusatkan di hal-hal penting di dalam gambar.

6.Diagonal dan Segitiga


Jika kamu melihat yang sedang berdiri di permukaan horizontal di situ lah kita akan melihat stabil, sebaliknya jika kita melihat seseorang yang sedang berdiri di permukaan yang miring maka akan terlihat kurang stabil.Maka kita akan membuat ebuah visual dengan membuat adegan dengan sudut yang bisa membuat ubjek di posisi di atas kemiringan.Untuk memassukan komposisi segitiga ke dalam sebuah adegan merupakan cara yang sangat efektif untuk memahami seperti apa ketengangan dinamis yang dihasilkan.

7.Pola dan Tekstur


Pola sangat menarik, mengabungkan pola-pola ke dalam foto merupakan cara yang sangat alternatif yang akan membuat komposisi yang menyenangkan.

8.Rule of Odds


Rule of Odds merupakan sesuatu yang berbeda.Gambar yang diambil akan lebih menarik apabila secra visualnya yang ganjil pada subjek.

9.Fill the Frame


Dengan menggunakan ini gambar akan penuh frame denagn subjek kamu.Subjek akan tampil fokus sepenuhnya ke subjek utama.

10.Negative Space
Komposisi ini merupakan kopoisi kebalikan dari teknik komposisi Fill the Frame, koposisi ini mengambil banyak ruang yang kosong yang menarik dan menghasilkan hal yang sederhana dan minimalis.





sumber:
www.kelasfotografi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Merupakan Fotografer Landscape Terkenal di Dunia

Seni Fotografi melalui miniatur mobil

Fotografi Landscape mengambil tema Sawah Tropis