Jenis-jenis lensa yang ada di kamera DSLR

Lensa Kamera DSLR yang terbagi menjadi dua jenis yaitu lensa zoom dan lensa prime yang disebut dengan lensa fix.Dari masing-masing jenis lensa tersebut memiliki peruntukkan khusus dan didesain untuk keperluan tertentu.Sebagai pengguna kita juga harus mengetahui kegunaan dari berbagai kegunaan yang dimiliki oleh kamera.

1.Lensa Zoom 
Lensa Zoom merupakan lensa yang memiliki rentan focal leght atau FLR yang bisa diubah-ubah sesuai dengan focal lenght yang telah ditentukan oleh lensa.Keunggulan dari lensa zoom yaitu pada saat kita mengambil gambar, gambar yang kita ambil terasa terlalu jauh maka kamu bisa memakai zooming dengan mengubah focal lenght lensanya hingga ke titik focal maksimum.

Lensa Zoom dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Zoom Tele, merupakan jenis lensa yang bisa digunakan untuk focal lenght yang lebih panjang dari ukuran biasanya yang didesain khusus untuk mengambil gambar jarak jauh.Biasanya lensa ini digunakan untuk mengambil gamabr di alam liar.
  • Zoom Wide yang merupakan lensa yang memiliki focal lenght ang pendek tapi memiliki jangkauan yang jauh danlebar dari pada lensa tele.Lensa ini sering digunakan untuk mengambil gambar pemandangan.
Kedua lensa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.Lensa Zoom Tele yang memiliki lensa yang ukuran fisiknya yang lebih panjang dengan bobot yang lebih berat daripada lensa zoom wide yang memiliki ukuran yang pendek dan ringan.Dari fungsinya lensa zoom tele sendiri terbilang sangat sulit digunakan pada saat mengambil foto keluarga yang berada di dalam ruangan.


Lensa Sapujagad
Lensa ini merupakan lensa yang memiliki gabungan dari lensa zoom tele dengan lensa zoom wide.Dengan menggunakan lensa ini kamu tidak perlu membawa dua lensa.Lensa Sapujagad ini sudah memenuhi kebutuhan dari kedua lensa di atas.

2.Lensa Prime
Lensa Prime juga dikenal dengan lensa Fixed (Fix) yang merupakan lensa yang sudah memiliki focal lenght tunggal atau tetap dan tidak dapat diuah-ubah.Dengan menggunakan lensa prime ini, pada saat pengambilan gambar yang jaraknya jauh kamu memerlukan cara manual dengan berjalan maju mundur.

Dari kebanyak lensa prime memiliki ukuran yang kecil dan memiliki bobot yang ringan.Tapi lensa prime mulai bermunculan untuk keperluan tele dengan focal lenght yang memiliki ukuran yang panjang dan memiliki bobot yang berat.Lensa Premi sangat jarang didesain untuk keperluan wide, lensa prime ini lebih sring digunakan untuk keperluan portrait dan tele.





sumber:
www.kelasfotografi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Merupakan Fotografer Landscape Terkenal di Dunia

Seni Fotografi melalui miniatur mobil

Fotografi Landscape mengambil tema Sawah Tropis