Memahami bagian-bagian dan fungsi yang ada di kamera

Bagian-bagian pada kamera dan fungsinya

Untuk bekerja secara maksimal kita perlu mengenal bagian-bagian utama pada kamera dan fungsi dari tombol-tombol yang ada di seluruh body kamera.Dengan ini kita dapat dengan mudah untuk menggunakan kamera.



Keterangannya:

1.Lensa, bagian pokok pada kamera yang memiliki kerja sama dengan body kamera.
2.Tombol Stabilizer (IS, VR, VC) yang memiliki fungsi untuk menstabilkan getaran dari tangan pada saat melakukan pemotretan yang menghasilkan foto dengan keadaan motion blur.Untuk prinsip kerjanya dari fitur ini, dengan mengandalkan gyrosensor yang akan mendeteksi getaran pada kamera, tapi tidak semua kamera memiliki fitur itu.
3.Tombol Pembuka Pada Lensa, yang memiliki fungsi sebagai membantu untuk melepaskan lensa dari body.Kalian bisa melakukannya dengan, tombol ditekan dan lensanya dilepas dengan cara diputar ke arah kiri.
4.Tombol Fokus, memiliki dua mode yaitu Auto Focus(AF) dan Manual Focus(MF).Jika menggunakan mode auto maka kerja yang dihasikan berupa gerakan oleh mesin secara auto sedangkan mode manual kerja yang akan dihasilkan yaitu focus kamu akan digerakkan secara manual.
5.Tombol Pembuka Flash,yang memiliki fungsi untuk membuka lampu flash pada kamera, tombol ini hanya memiliki fungsi pada saat keadaan menyala saja.
6.Built-in Flash Light, merupakan lampu Blitz atau disebut juga Flash yang merupakan lampu secara bebas yang akan menjadi lampu kilat.Fungsi utamanya untuk membantu pencahayaan pada saat kondisi gelap dengan cara meng-illuminate suatu objek yang kurang pencahayaan.
7.Tombol Shutter, memiliki fungsi untuk menekan pada saat mengambil gambar.
8.Grip, merupakan bagian yang paling menonjol di posisi sebelah kanan, memiliki fungsi sebagai pegangan di kamera.
9.Anti Red Eye, berfungsi sebagai penangkal yang akan menghindari mata yang kelihatan merah pada saat foto di ambil, biasanya pada saat foto dalam keadaan memakai efek lampu flash.Teknologi ini hanya bersifat mereduksi bukan benar-benar menghilangkan, Red Eye di sebabkan adanya refleksi cahaya pada area mata.Disarankan untuk selalu mengaktifkan fitur ini.
10.Tombol Preview untuk menghasilkan foto di layar LCD.
11.Tombol Delete untuk mengapus foto yang tidak di inginkan
12.Tombol Navigasi, berfungsi sebagai mengendalikan program, seperti menggeser pilihan pada menu kamera.Setiap kamera bentuk tombol dari menu navigasinya berbeda-beda.
13.Tombol Fn/Q untuk merubah atau mengalihkan fungsi dari tombol navigasi ke tombol shortcut.
14.Tombol AV, berfungsi sebagai mengatur diafragma atau aperture.
15.Tombol Zoom, memperbesar dari hasil foto yang kamu ambil dan bisa juga sebagai memperdekat jarak antara objek pada saat mode livefiew.
16.Mode-Dial ,menu yang digunakan untuk memilih dan mengantikan mode aksposure atau modus pemotretan.
17.Tombol Liveview yang memiliki fungsi untuk menganti dan mengambil alih dari layar bidik dan meiliki fungsi untuk mengambil video.
18.Viewfinder untuk melihat objek pada saat memotret, di sana kalian bisa melihat titik focus dan fungsi lainnya.
19.Tombol Menu merupakan pengaturan utama pada kamera, dan tombol info untuk mengetahui informasi.
20.Layar LCD befungsi untuk menampilkan keterangan setting untuk di kamera. Dan untuk melihat hasil foto atau melihat objek yang foto dengan kondii live yaitu lifeview.
21.Tombol ISO, tombol yang berfungsi untuk mengatur ISO.Banyak porang yang tidak mengatur ISO secara manual, dan masih dalam keadaan aotu.Iso untuk meningkatkan kecerahan pada gambar, semakin tinggi ISOnya makan semakin cerah pula gambar yang kamu ambil.Jika ISO dalam keadaan auto, makan nilainya sudah di tentukan oleh pgogramnya sendiri.Jika kalian mengatur ISO, sangat disarankan jangan terlalu tinggi karena akan menyebabkan gambar yang di ambil berisi bintik-bintik.
22.Main-Dial yang berfungsi sebagai navigasi yang berguna untuk menggeser pilihan pada menu.
23.Tombol Display, tombol untuk mengaktifkan mode standby selain itu tombol itu juga berfungsi untuk menghidupkan kembali mode dari mode standby.Dalam keadaan mode standby, kamera tetap menyala namun sedang istirahat tapi bukan keadaan off.
24.Tombol ON/OF berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kamera.






sumber:
www.kelasfotografi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Merupakan Fotografer Landscape Terkenal di Dunia

Seni Fotografi melalui miniatur mobil

Fotografi Landscape mengambil tema Sawah Tropis