Tips untuk menjadi fotografer yang baik dengan kamera smartphone



1. Mengenali kamera smartphone
Kamu tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan kamera di smartphone kamu engan harga yang mahal. Apalagi smartphone jaman sekarang, meskipun bukan flagship, kamera yang disematkan di smartphone low-end dan mid-end yang sudah memenuhi kebutuhan untuk seorang fotografer. Kamu hanya perlu mengetahui lebih dalam mengenai kamera di smartphone kamu.

2.Penuhi viewfinder
Saat berada di tempat yang jauh dari objek foto, kamu akan mendapatkan hasil gambar yang kecil.Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus sebaiknya hindari fitur zoom, lebih baik kamu mendekati objek tersebut agar mendapatkan hasil yang bagus.

3. Komposisi Rule of Thirds
Jika kamu ingin mendapatkan foto yang natural, kamu bisa menggunakan menggunakan komposisi Rule of Thirds. Pemikiran di balik komposisi Rule of Thirds adalah untuk memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.

4.Mendapatkan hasil pecahayaan yang baik.
Pencahayaan natural selalu menghasilkan warna foto yang lebih baik ketimbang foto yang diambil dengan flashkamera. Jika kamu ingin mengambil foto di dalam ruangan sebaiknya kamu mencari cahaya buatan atau cahaya kecil yang natural untuk merefleksikan hasil fotomu.

5. Gunakan objek manusia untuk hasil yang lebih baik
Kamu bisa menggunakan objek foto manusia untuk mendapatkan hasil yang bagus.Pemandangan indah yang tertangkap oleh mata telanjang akan sangat sulit diabadikan hanya dengan kamera smartphone. Hasil foto yang kamu dapat akan lebih pribadi dan memorable.

6.Menjaga lensa kamera selalu bersih dan jernih
Jika kamu menginginkan hasil gambar yang bagus, kamu perlu membersihkan lensa kamera. Selalu pastikan keadaan lensamu bersih jadi setiap momen yang terpotret selalu jernih. Kamu bisa gunakan casing smartphone untuk menjaga lensa tetap bersih.

7. Tambahkan sentuhan aplikasi olah foto
Banyak smartphone yang dibekali dengan editing tools yang mumpuni untuk memaksimalkan hasil foto. Secara umum lebih baik meng-crop foto ketimbang zoom. Kamu bisa tambahkan filter, enhance colors, brightness and contrast, serta banyak lagi. Kamu juga bisa mengolah hasil fotomu di PC dengan Photoshop.



sumber:
jalantikus.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Merupakan Fotografer Landscape Terkenal di Dunia

Seni Fotografi melalui miniatur mobil

Fotografi Landscape mengambil tema Sawah Tropis