Tips untuk mendapatkan Foto Hitam Putih

Foto hitam putih merupakan salah satu jenis foto yang tidak pernah pudar oleh waktu.Penggunaa jenis foto ini tidak memiliki elemen warna yang mengganggu, kadang foto hitam putih justru lebih kuat membekas di benak yang melihatnya. Banyak orang bilang, jenis foto ini lebih dramatis dan elegan jadi tidka salah banyak fotografer wedding yang menyertakan foto hitam putih untuk di serahakan kepada kliannya. Berikut merupakan tips memotret menggunakan jenis foto hitam putih :

  1. Potret dalam mode warna – Kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Dari itulah foto hitam yang didapat akan lebih berkualitas. 
  2. Mensetting ISO serendah mungkin – Noise atau bintik-bintik kecil yang terdapat di foto kamu akan mempengaruhi kualitasnya, seperti menonjolnya dalam foto hitam putih jika dibandingkan dengan foto berwarna.Kamu bisa menggunakan ISO yang rendah untuk memungkin agar saat memproses foto nanti noise bisa diminimalkan.
  3. Mendung adalah saat yang terbaik – Keadaan cuaca yang  mendung akan membuat kontras lebih rendah, tapi keadaan ini merupakan keadaan yang sangat baik untuk membuat foto hitam – putih. Kamu tidak perlu melihat warna langit kerna gambar yang kamu ambil nantinya akan menjadi hitam putih.
  4. Eksploitasi tekstur, pola dan garis – Dalam penggunaan jenis foto hitam putih, tekstur  pola dan garis akan lebih terlihat menonjol dan semakin menarik. Untuk itu, kamu perlu eksploitasi jika ingin menemukan komponen tersebut.
  5. Sidelighting adalah cahaya terbaik – Ketika memotret di luar ruangan untuk menghasilkan foto yang hitam putih, tonjolkan bentuk secara maksimal dengan mengandalkan pencahayaan samping (sidelighting), sehingga jatuh bayangan jadi sangat menarik. Sidelighting terjadi saat anda memotret di pagi atau sore hari.
Contoh Foto Hitam Putih:








Sumber:
belfot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Merupakan Fotografer Landscape Terkenal di Dunia

Seni Fotografi melalui miniatur mobil

Fotografi Landscape mengambil tema Sawah Tropis